oleh

Polres Malang Tak Beri Izin Nobar Arema FC vs Perseru, Ini Alasannya

-Sepakbola-12 views

JawaPos.com – Pihak kepolisian tidak memberikan izin untuk nonton bareng alias nobar yang digelar Aremania, sebutan pendukung Arema FC. Nobar berkaitan dengan pertandingan antara Arema FC kontra Perseru Serui, Minggu (11/11) mendatang di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung mengatakan pihaknya tak memberikan izin menggelar nobar. Pasalnya, waktu pertandingan bersamaan dengan agenda Pilkades serentak di Kabupaten Malang.

Dia menjelaskan, ada 39 desa di wilayah hukum Polres Malang yang menggelar Pilkades serentak. Ujung menambahkan, ada pertimbangan sendiri sehingga pihaknya tak memberikan izin untuk kegiatan nobar.

Arema FC, Perseru Serui, Liga 1 2018, Aremania, Nobar, Polres Malang
Arema FC dikenai sanksi menggelar laga kandang tanpa penonton sampai akhir musim (Bayu Eka Novanta/Radar Malang)

“Kami antisipasi dampak keamanan dan lebih memfokuskan diri mengamankan Pilkades,” kata Ujung, Kamis (8/11).

Pihak kepolisian memastikan bahwa laga kandang selanjutnya Aremania bisa menggelar nobar. Nobar sendiri digelar Aremania lantaran adanya sanksi dari Komdis PSSI tak boleh mendukung tim kesayangan dalam laga kandang di Kanjuruhan sampai akhir musim. Artinya, Arema FC menggelar laga kandang tanpa penonton.

Secara terpisah, perwakilan Humas Nobar Aremania, Awang Karta menghormati keputusan kepolisian yang tak memberikan izin mengadakan nobar. Alasannya, selama ini untuk urusan perizinan pihaknya sudah banyak dibantu oleh Polres Malang.

“Karena tidak mendapatkan izin dari kepolisian untuk menggelar nobar, ya kami ikuti sajalah,” kata Awang.

Pihaknya juga sudah memberikan sosialisasi ke Aremania melalui media sosial maupun mulut ke mulut untuk tidak datang ke area Stadion Kanjuruhan. “Untuk alternatif mungkin kawan-kawan bisa melakukan nobar kecil-kecilan di warung kopi atau kafe-kafe di wilayah Malang Raya,” pungkasnya.

(tik/JPC)

Terkini