oleh

Gali Potensi Desa

-Sosok-743 views
Prof. Dr. Sri Adiningsih
Prof. Dr. Sri Adiningsih

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Magelang diminta ikut menggali dan mendorong potensi di desa-desa untuk dijadikan objek wisata yang menarik. Tujuannya untuk memperluas kawasan wisata.

Permintaan itu disampaikan oleh Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Prof. Dr. Sri Adiningsih ketika berkunjung ke kawasan Borobudur, Kabupaten Magelang, kemarin. Dengan makin banyaknya desa yang tumbuh, Adiningsih berharap penyebaran wisatawan semakin luas.

“Selama ini, biasanya hanya ke Candi Borobudur, setelah itu selesai. Sekarang bisa dilihat, atas bantuan BUMN, BUMDes, dan masyarakat sedang dikembangkan kawasan wisata Borobduur yang besar, yang bukan hanya datang untuk melihat candi. Tapi juga aktivitas wisata lain di sekitarnya. Menikmati candi tanpa menyentuh,” kata Sri Adiningsih, di Hotel Manohara.

Menurut Sri Adiningsih, paradigma itu bisa diadopsi pengelola destinasi wisata lain yang ada di Indonesia. Sebab, Indonesia kaya akan kekayaan alam, budaya, kuliner, dan kerajinan. “Menarik kalau dicermati masyarakat sekarang, terutama anak-anak, menyukai pengalaman wisata yang baru. Misalnya memandikan kerbau, menangkap belut, ikan, itu saja sekarang bisa dijual. Beda dengan dulu.”

Terlebih, pemerintah telah berkomitmen untuk menyediakan segala kebutuhan guna mendukung pengembangan pariwisata. Seperti infrastruktur, air, dan pengelolaan sampah. Di lain pihak, sejumlah BUMN juga telah memberikan andil dalam upaya pengembangan pariwisata, seperti di Borobudur.

“Saya percaya akan ada lagi BUMN yang terlibat untuk pengembangan wisata Borobudur secara makro. Saat ini sedang digerakkan program 20 Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di 20 desa sekitar Candi Borobudur yang melibatkan BUMN.”

Direktur Operasional PT TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Retno Hardiasiwi, menjelaskan, saat ini pihaknya tengah menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menyambut kedatangan wisatawan. Baik domestik maupun mancanegara, melalui program sinergi BUMN. Juga bekerja sama dengan pemerintah desa. (vie/isk)

Komentar

Terkini