oleh

Maksimalkan Peran FKDM

-Sosok-625 views

Sebagai pimpinan wilayah dengan masyarakat yang beragam, Camat Selomerto Supratman harus bisa menjaga kerukunan dan persatuan warga. Jangan sampai ada provokasi dari kelompok tertentu yang menyebabkan perpecahan warga.

“Berbagai paham yang menjurus ke perpecahan diakui atau tidak, ancaman itu ada di masing-masing kecamatan. Tinggal bagaimana mau bersikap,” katanya.

Menurutnya, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) sangat berperan dalam menjaga kondusivitas wilayah. Forum yang diisi 10 sampai 15 personel bentukan bupati ini, bertujuan mencegah paham radikal masuk ke kecamatan.

“Tugas utama FKDM adalah melakukan pengawasan terhadap kegiatan semacam itu. Jika ditemukan kegiatan yang mencurigakan, FKDM lah yang akan melapor terlebih dahulu ke kecamatan,” ujarnya.

Kecamatan Selomerto tergolong salah satu kecamatan di Wonosobo dengan penganut agama cukup beragam. Mulai dari Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha bahkan penghayat kepercayaan. Semua agama yang ada telah dianut masyarakat sudah sejak lama.

“Hampir semua agama ada di sini dan sudah ada sejak lama. Menariknya tak pernah ada gesekan yang berlatar beda agama. Kalaupun ada friksi, itu karena sebab lain. Bukan agama,” jelasnya. (cr2/ton)

Komentar

Terkini